Pengertian
Pendidikan, Pengertian IPS Dan
Pengertian
Pendidikan IPS
1.
Pengertian Pendidikan
a.
Pengertian Pendidikan Menurut Prof.dr.John Dewey
Pendidikan
adalah suatu proses pengalaman karena kehidupan adalah pertumbuhan. Pendidikan
berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan
ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di
dalam perkembangan seseorang.
b.
Pengertian Pendidikan Menurut Prof Mahmud Yunus
Pendidikan
adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak
dengan tujuan peningkatan keilmuan jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap
dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi, yaitu agar si
anak hidup bahagia serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi
dirinya dan masyarakat.
c. Pengertian
Pendidikan Menurut M.J Langeveld
Pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi antara
orang dewasa dengan anak-anak dan merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana
pekerjaan mendidik itu berlangsung.
2.
Pengertian IPS
a.
Pengertian IPS Menurut Moeljono Cokrodikardjo
Moeljono Cokrodikardjo
mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
b.
Pengertian IPS Menurut S. Nasution
S. Nasution
mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi
atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS
merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran
manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah,
ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS
merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran
manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah,
ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
c.
Pengertian IPS Menurut Tim IKIP Surabaya
Tim IKIP Surabaya
mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari,
mengolah, dan membahas hal-hal yang
berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benarbenar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolahsekolah.
berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benarbenar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolahsekolah.
3.
Pengertian Pendidikan IPS
a.
Pengertian Pendidikan IPS Menurut Nu’man Soemantri
Nu’man
Soemantri mengemukakan bahwa Pendidikan IPS adalah suatu synthetic discipline
yang berusaha untuk mengorganisasikan dan mengembangkan substansi ilmu-ilmu
sosial secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Makna synthetic
discipline, bahwa PIPS bukan sekedar mensistesiskan konsep-konsep yang relevan
antara ilmu-ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu sosial, tetapi juga mengkorelasikan
dengan masalah-masalah kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.
b.
Pengertian Pendidikan Menurut Lasmawan (2008)
Lasmawan
mengemukakan bahwa Pendidikan IPS adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat
sintetis dan diorganisir secara terintegrasi dalam rangka pengembangan disiplin
ilmu-ilmu sosial secara ilmiah dan psikologis bagi kepentingan peserta didik.
c.
Pengertian Pendidikan IPS Menurut Mayhood dkk. (1991: 10)
Mayhood
dkk. Mengemukakan bahwa Pendidikan IPS adalah “The Social Studies are
comprissed of those aspects of history, geography, and pilosophy which in
practice are selected for instructional purposes in schools and collegs”.
Artinya
: Pendidikan IPS adalah “Studi Sosial
yang terdiri dari
aspek-aspek sejarah, geografi, dan
pilosophy yang dalam prakteknya dipilih untuk tujuan instruksional
di sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi”.
Daftar
Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar