Sabtu, 01 Juni 2013

Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS

Diposting oleh Unknown di 08.22


1)                 Hakikat Konsep Dasar IPS
Dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat beberapa istilah, yaitu:
*            Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                        Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Ilmu sosial atau Ilmu yang berhubungan dengan Masyarakat, yang bersifat Interdisipliner  atau multidisipliner yang biasanya dipelajari oleh anak didik di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Bidang studi tersebut merupakan integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya.
*            Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)
                        Ilmu-Ilmu Sosial adalah Ilmu sosial yang bersifat interdisipliner yang biasanya di terapkan di tingkat menengah ke atas.
*            Studi Sosial
                        Studi Sosial adalah suatu bidang yang mengkaji tentang gejala dan masalah-masalah sosial. Pendekatan Studi Sosial bersifat interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan menggunakan berbagai bidang keilmuan. Pendekatan Studi Sosial lebih bersifat Multidimensional, yaitu meninjau satu gejala atau masalah sosial dari berbagai dimensi atau aspek kehidupan.
Terdapat sejumlah perbedaan antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai bidang studi dengan disiplin Ilmu-Ilmu Sosial (Social Sciences) antara lain:
1.             IPS itu bukanlah suatu disiplin ilmu seperti halnya Ilmu Sosial, tetapi IPS lebih tepat dilihat sebagai bidang kajian, yaitu suatu kajian terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.
2.             Pendekatan yang dilakukan IPS dalam IPS menggunakan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak seperti halnya Ilmu Sosial yang menggunakan pendekatan disipli ilmu atau monodisiplin.
3.             IPS sengaja dirancang untuk kepentingan kependididkan oleh karena itu keberadaan IPS lebih memfokuskan pada dunia persekolahan, tidak seperti Ilmu Sosial keberadaannya bisa di dunia persekolahan, perguruan tinggi atau di pelajari di masyarakat umum sekalipun.
4.             IPS disamping menggunakan Ilmu-Ilmu Sosial sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran dilengkapi dengan mempertimbangkan aspek psikologis-pedagogis.
Meskipun antara IPS dan IIS keduanya memiliki perbedaan yang mendasar, namun IPS dan IIS tidak bisa dipisahkan karena secara tradisional antara IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial memang sudah saling berhubungan.
Dapat kita lihat juga keseluruhan IPS sebagai sarana pendidikan yang memaparkan manusia di dalam segi tiga waktu-ruang-hidup, sebagaimana dilakukan oleh studi Sejarah (membicarakan “Kan In Time”), Geografi (membicarakan “Man In Space), dan gabungan Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Tata Negara (membicarakan Man In Life).

2)              Karakteristik Konsep Dasar IPS  
Terdapat beberapa kesimpulan dalam materi Karakteristik Konsep dasar IPS, yaitu:
*            Karakteristik Ips ada 2, yaitu
1.             Interdisipliner
Interdisipliner adalah suatu Ilmu yang fokus mempelajari satu bidang disiplin Ilmu saja.
2.             Multidisipliner
Multidisipliner adalah Suatu Ilmu yang dapat di gabungkan dengan disiplin ilmu lain, sehingga tidak terfokus pada satu bidang ilmu saja.
*            Bgaimana cara menumbuhkan sikap manusia untuk peka terhadap lingkungan.
Yaitu dengan cara mengajarkan anak-anak materi tentang keadaan-keadaan serta norma dan nilai sosial dalam masyarakat. Contohnya materi tentang membuang sampah sembarangan.
*            Krakteristik dapat membentuk sikap dan moral manusia.
*            IPS bertujuan untuk “Memanusiakan Manusia”, yaitu IPS bertujuan untuk membentuk manusia yang baik di mata masyarakat dan mempersiapkan siswa untuk hidup di masyarakat.
*            IPS harus diajarkan kepada siswa sesuai dengan jenjang usianya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Chocochips Diaries Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea