Minggu, 16 Juni 2013

Integrasi Sosial..

Diposting oleh Unknown di 22.18


Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.
Definisi lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :
ü    Pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
ü    Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu
Sedangkan yang disebut Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebur dapat meliputi ras, etnis, agama bahasa, kebiasaan, sistem nilai dan lain sebagainya.
Suatu integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan, baik merupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi secara sosial budaya.
Menurut pandangan para penganut fungsionalisme struktur sistem sosial senantiasa terintegrasi di atas dua landasan berikut :
ü    Suatu masyarakat senantiasa terintegrasi di atas tumbuhnya konsensus (kesepakatan) di antara sebagian besar anggota masyarakat tentang nilai-nilai kemasyarakatan yang bersifat fundamental (mendasar)
ü    Masyarakat terintegrasi karena berbagai anggota masyarakat sekaligus menjadi anggota dari berbagai kesatuan sosial (cross-cutting affiliation). Setiap konflik yang terjadi di antara kesatuan sosial dengan kesatuan sosial lainnya akan segera dinetralkan oleh adanya loyalitas ganda (cross-cutting loyalities) dari anggota masyarakat terhadap berbagai kesatuan sosial.
Penganut konflik berpendapat bahwa masyarakat terintegtrasi atas paksaan dan karena adanya saling ketergantungan di antara berbagai kelompok.
Integrasi sosial akan terbentuk apabila sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan pranata-pranata sosial

Pengertian Integrasi Sosial Menurut Ahli
ü    Menurut Baton : integrasi sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan fungsi penting pada perbedaan pada ras tersebut.

Syarat terjadinya Integrasi
Menurut  William F. Ogburn dan Meyer Nimkoff, syarat  terjadinya integrasi sosial adalah :
ü    Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan mereka
ü    Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai nilai dan norma
ü    Nilai dan norma sosial itu berlaku cukup lama dan dijalankan secara konsisten

Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial
ü   Integrasi Normatif : integrasi yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku dimasyarakat,  contoh masyarakat Indonesia dipersatukan oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika
ü   Integrasi Fungsional : integrasi yang terbentuk sebagai akibat adanya fungsi-fungsi tertentu dalam masyrakat. Contoh Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, mengintegrasikan dirinya dengan melihat fungsi masing-masing, suku bugis melaut, jawa pertanian, Minang pandai berdagang.
ü   Integrasi Koersif : integrasi yang terbentuk berdasarkan kekuasaan yang dimiliki penguasa.. Dalam hal ini penguasa menggunakan cara koersif.

Proses Integrasi
Proses integrasi dapat dilihat melalui proses-proses berikut:
ü   Asimilasi : berhadapannya dua kebudayaan atau lebih yang saling mempengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dengan meninggalkan sifat asli.
ü   Akulturasi : proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing (baru), sehingga kebudayaan asing (baru) diserap/diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri, tanpa meninggalkan sifat aslinya.

Faktor-Faktor Pendorong
A.            Faktor Internal
ü    Kesadaran diri sebagai makhluk sosial
ü    Tuntutan kebutuhan
ü    Jiwa dan semangat gotong royong
B.            Faktor Eksternal 
ü    Tuntutan perkembangan zaman
ü    Persamaan kebudayaan
ü    Terbukanya kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan bersama
ü    Persaman visi, misi, dan tujuan
ü    Sikap toleransi
ü    Adanya kosensus nilai
ü    Adanya tantangan dari luar
C.            Homogenitas Kelompok
Dalam masyarakat yang kemajemukannya rendah, integrasi sosial akan mudah dicapai.
D.           Besar Kecilnya Kelompok
Dalam kelompok kecil integrasinya lebih mudah.
E.            Mobilitas Geografis
Adaptasi sangat diperlukan mempercepat integrasi.
F.            Efektivitas Komunikasi
Komunikasi yang efektif akan mempercepat integrasi.
G.           Integrasi antara dua hati

Syarat Berhasilnya Integrasi Sosial
1.             Untuk meningkatkan Integrasi Sosial, Maka pada diri masing-masing harus mengendalikan perbedaan/konflik yang ada pada suatu kekuatan bangsa dan bukan sebaliknya.
2.             Tiap warga masyarakat merasa saling dapat mengisi kebutuhan antara satu dengan yang lainnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

musiknya enak sekali. jadi pengen lama lama di blog ini.
https://3murticorporation.blogspot.com
https://gemapanturajaya.blogspot.com

Posting Komentar

 

Chocochips Diaries Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea